Rabu, 03 September 2014

Pertumbuhan Sewa Kantor Jakarta Tertinggi di Dunia



 Jakarta - Hasil riset lembaga konsultan properti komersial Cushman & Wakefield menempatkan Jakarta sebagai kota dengan pertumbuhan harga sewa kantor tertinggi di dunia. Menurut Managing Director Research Cushman & Wakefield Asia Pasifik, Sigrid Zialcita, pada 2013 pertumbuhan harga sewa kantor di Jakarta mencapai 30 persen.

"Tertinggi di seluruh dunia selama dua tahun berturut-turut dengan harga yang mencapai lebih dari dua kali lipat dibandingkan 2011," kata dia dalam keterangan tertulis, Kamis, 1 Desember 2013.

Naiknya harga sewa dan permintaan ruang kantor di Jakarta jauh lebih tinggi ketimbang kota-kota lain di Asia, yang rata-rata hanya tumbuh satu digit. Pertumbuhan harga di Jakarta bisa disejajarkan dengan London, Stockholm, dan Frankfurt yang juga tumbuh dua digit. Konstruksi-konstruksi baru dan perbaikan pasar properti memacu pertumbuhan harga sewa.

Head of Research & Advisory Cushman & Wakefield Indonesia, Arief Rahardjo, mengatakan pertumbuhan harga sewa perkantoran di Jakarta didorong permintaan yang tinggi dan pasokan yang rendah. Arief memperkirakan ruang untuk kantor di Jakarta masih akan naik sekitar 25 persen tahun 2014. Namun, pertumbuhan harga sewa baru melambat menjadi 20-25 persen pada 2015 karena banyak pasokan baru.

Berikut 10 kota dengan pertumbuhan harga sewa kantor tertinggi di dunia

1. Jakarta (25 persen)

2. Dublin (13 persen)

3. Boston (11 persen)

4. San Fransisco (8 persen)

5. London (7,5 persen)

6. Singapura (7 persen)

7. Tokyo (6,5 persen)

8. Seattle (6 persen)

9. Manila (5,5 persen)

10. New York (5 persen)

0 komentar:

Posting Komentar