Jumat, 29 Agustus 2014

Pemecahan dan penggabungan Sertifikat Tanah


Banyak yang bertanya Gimana sih pecah sertifikat itu?sebenarnya mudah ngak susah susah amat kok,biasanya masyarakat umum klo mau pecah sertifikat ngak mau repot bin ribet yaa kenotaris aja beres urusan tapi tentunya biayanya yang pasti lebih mahal.
Berbekal pengalaman proyek diTangerang selatan.kita mau berbagi disini  tentang bagaimana proses pemecahan sertifikat itu.
Sebelunya perlu diketahui untuk pemecahan sertifikat di Tangerang kota ,kabupaten dan Tangerang selatan pengurusannya masih di BPN tigaraksa Tangerang  tepatnya di deket kantor pemerintahan kabupaten Tangeran di Tiga Raksa,dateng aja ke kantor BPN  yang sertipikatnya mau di pecah.Tanya aja langsung kebagian informasi syarat2 apa saja untuk yang perlu dilengkapi.
.
Setelah beres persyaratan baru kita daftar keloket setelah kita dapet tanda terima dari loket proses dilanjutkan ke pengukuran bidang tanah.nah ini yang perlu dicatat minta kontak person siapa petugas ukur yang akan mengeksekusi.biasanya kalau kita tidak proaktive yaa lama prosesnya soalnya membandingkan kantor BPN sekarang dengan pasar tradisional ngak ada bedanya(sama-sama rame).pernah kan kita denger pengurusan sertifikan sampe lima bulan ada yang sampe satu tahun malah.pesen saya sering seringlah di follow up jadi kita bisa pantau prosesnya ada dimana.
Setelah selesai pengukuran dan sudah keluar nomer resinya tinggal nunggu proses cetak kalau sudah proses cetak sudah selesai tinggal nunggu proses pengesahan.diperiode ini sertifikat kita sudah hampir finis,teruslah difollow up agar cepat seleai.
perlu diketahui pemecahan sertifikan dan penggabungan sertifikat prosesnya  sama saja.dan itu berlaku diseluruh indonesia.
Memang proses pemecahan sertifikat dibutuhkan kesabaran dan telaten .
Semoga bermanfaat


0 komentar:

Posting Komentar