Kamis, 28 Agustus 2014

Ngontrak rumah atau bayar KPR tiap bulan?



Sebuah pertanyaan yang sering ditanyakan masyarakat perkotaan....lebih baek ngontrak rumah atau nyicil bank tiap bulan?yuk kita ulas lebih detail lagi...
Sebelum memulai ada beberapa kelebihan dan kekurangan jika kita membeli atau mengontrak rumah..Jika anda mengontrak rumah kelebihannya antara lain :
  • harga sewa lebih murah daripada anda harus membeli sebuah rumah dengan ukuran, lokasi , dan keadaan yang sama.
  • Anda bisa pindah-pindah sesuai keinginan anda
  • biasanya tipe pengontrak adalah seorang pekerja yang nomaden alias sering berpindah pindah kota dalam jangka tertentu.
Namun selain kelebihan , mengontrak rumah juga memiliki beberapa kekuranganm antara lain:
  • anda TIDAK MEMILIKI SUATU ASET tetapi dengan mengontrak anda dapat menambah pengeluaran anda / liabilty. Ditambah resiko harga naik tiap tahunnya yang dapat membuat kepala anda akan semakin pusing.
Terkadang kita menganggap mengontrak rumah jauh lebih murah tetapi  dapat dilihat ada yang salah dengan keputusan anda mengontrak, dimana kesalahan terjadi jika biaya kontrak anda nilainya lebih dari 5%/tahun dari harga properti anda. jika biaya sewa lebih dari 5% dari nilai property lebih baik anda mencari kontrakan lain yang nilainya di bawah 5% dari harga property. supaya anda mengeluarkan biaya tidak terlalu besar.Rata2 biaya sewa di indonesia adalah 5% dari nilai property jadi jika anda memilih untuk mengontrak carilah biaya sewa property yang nilainya di bawah 5% dari nilai property baru itu.

Lalu bagaimana jika membeli properti? membeli properti ada kelemahannya antara lain:
  • anda akan membayar lebih mahal 
Tetapi banyak kelebihannya ,antara lain:
  • ada nilai investasi asset tetapi investasi di property itu ada kelemahannya juga yaitu Investasi yang Sangat tidak liquid dimana kita sangat sulit sekali untuk mencairkan investasi.
Tetapi kelemahan itu bisa anda hapuskan yaitu dengn membeli rumah secara kredit di bank, untuk mengurangi beban anda ambil pinjaman yang terpanjang jika di hitung dengan suku bunga KPR 12% dan jangka waktu 20 tahun anda cukup mengangsur 1%/bulan atau 12%/tahun, Sehingga jika ada yang menawarkan anda sewa 10%/tahun lebih baik anda membeli rumah tersebut.

Tetapi banyak orang yang meminjam di bank untuk membeli property dengan jangka waktu yang sangat pendek sehingga angsurannya jadi lebih tinggi dan terkena bunga lebih tinggi. sehingga menjadikan mereka menunda untuk membeli property

Dengan anda mengangsur KPR sebenarnya anda sama dengan menabung karena harga property cenderung naik dan pinjaman kita jika di bayar cendrung turun dan kita bisa mengambil kenaikan harga properti dengan meminta Top up atau Refinance dari bank, sehingga sewaktu2 anda butuh pinjaman modal atau untuk keperluan lain anda bisa menggunakan property anda.
sekali lagi  keputusan membeli dan menyewa saya kembalikan ke anda.

semoga membantu.....

0 komentar:

Posting Komentar