Jumat, 29 Agustus 2014

Hal penting yang harus dilakukan Agar Jualan Cepat Laku


Pertanyaan umun yang sangat sering dilontarkan seorang penjual adalah“bagaimana caranya agar jualannya cepat laku?”, dan jawabannya pun bermacam-macam; namun yang paling sering diungkap adalah faktor harga. Padahal kita tahu harga bukanlah segalanya karena banyak contoh produk yang dijual dengan harga tinggi dan tetap banyak konsumen yang membelinya.
Lalu apa sih faktor cepat/tidak lakunya jualan?
Kurang lebih ada 5 faktor utama yang telah himpun dari survei terhadap beberapa netpreneur dan berikut adalah faktor-faktor tersebut:
1. Keramahaan
Penting bagi para penjual untuk menciptakan first impression yang baik dengan cara memberikan pelayanan prima kepada konsumen agar berubah menjadi pelanggan tetap kita. Cara termudahnya dengan 3S: salam, senyum dan sapa. Banyak korporat besar yang menerapkan aturan 3S sebagai standar pelayanan, namun pada aplikasinya dilapangan tidak demikian. Oleh karena itu, penting bagi kita memastikan standar pelayanan dapat dilakukan dengan sempurna.
2. Keunikan
Menciptakan kualitas produk yang baik saja tidak cukup, kita perlu menciptakan produk yang unik. Tujuannya agar calon konsumen mudah mengingat bisnis kita. Misalnya dengan menciptakan brand (merek) yang unik atau melakukan inovasi baru yang tak bisa.
3. Informasi 
Dalam dunia online dimana penjual dan pembeli tidak saling bertatap muka, penting bagi penjual untuk memberikan informasi produk secara lengkap dan jelas. Contohnya dengan menunjukkan gambar produk yang jelas dan deskripsi lengkap sesuai produk terkait.
4. Jenis produk
Harus diakui, jenis produk yang kita jual mempengaruhi cepat/tidak lakunya di pasaran. Oleh karena itu, kita sebagai penjual harus pastikan produk yang kita jual memang mempunyai manfaat bagi konsumen. Apapun produk yang kita jual, dengan teknik pemasaran yang tepat pasti akan bisa terjual.
5. Harga produk
Harga adalah faktor terakhir yang mempengaruhi cepat/tidak lakuknya sebuah produk. Jangan sampai kita menjual produk dengan harga yang terlalu tinggi atau terlalu rendah karena keduanya memberikan dampak yang berbeda. Pelajari teori penetapan harga produk untuk mempermudah dalam menentukan harga jual.
Pada prakteknya, tiap bisnis mempunyai faktor berbeda-beda yang pengaruhi tingkat penjualannya.

Dan yang tak kalah penting setelah kita usaha adalah berdoa dan berbagi.....sudah hukum dari sononya bahwa kalau kita urai kesulitan orang lain maka sang Maha Pencipta akan mengurai kesulitan kita..Aamiin

0 komentar:

Posting Komentar